Pengertian / Definisi Permasalahan Sosial

Pengertian Permasalahan Sosial dan Pemecahan Masalah Sosial
Kartini Kartono mendefinisikan permasalahan sosial sebagai berikut.
  • Semua bentuk tingkah laku yang melanggar adat istiadat masyarakat.
  • Situasi yang dianggap oleh sebagian besar warga masyrakat mengganggu, tidak dikehendaki, berbahaya, dan merugikan orang banyak. 


Permasalahan sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur - unsur kebudayaan dan membahayakan kehidupan masyarakat itu sendiri. Permasalahan sosial timbul sebagai hasil dari proses perkembangan masyarakat. Dengan demikian, permasalahan sosial dapat mempercepat perubahan sosial. (Baca Juga : Jenis / Fungsi Norma Sosial dan Nilai Sosial).
Permasalahan sosial dibedakan dalam dua bentuk, yaitu manifest social problem dan latent social problem. Manifest Social Problem adalah masalah sosial yang dampaknya langsung dirasakan masyarakat. Adapun latent social problem adalah masalah sosial yang tidak tampak (tersembunyi) sehingga dampaknya tidak langsung dirasakan oleh masyarakat. (Baca Juga : Mendeskripsikan Objek Kajian Sosiologi dan Metodenya).

Faktor Penyebab Permasalahan Sosial

Permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut.
  1. Faktor ekonomi, merupakan penyebab terjadinya permasalahan sosial berkaitan dengan pendapatan, kekayaandan upaya pemenuhan kebutuhan hidup.
  2. Faktor budaya merupakan latar belakang terjadinya permasalahan sosial berkaitan dengan unsur - unsur nilai dan norma sosial seperti adat istiadat dan kebiasaan.
  3. Faktor biologis merupakan permasalahan sosial yang disebabkan oleh gangguan fisik seperti penyakit dan gangguan kesehatan
  4. Faktor Psikologis merupakan permasalahan sosial yang berkaitan dengan gangguan kejiwaan seseorang.

Contoh Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Contoh Permasalahan Sosial yang terjadi dalam Masyarakat adalah sebagai berikut
  1. Konflik Sosial, Konflik merupakan pertentangan antara dua pihak atau lebih yang bertujuan saling menjatuhkan pihak lawan. Konflik dapat terjadi karena perbedaan kepentingan antar suku, antar agama, dan antar negara.
  2. Masalah Kependudukan, Masalah kependudukan berkaitan dengan demografi yang meliputi struktur, distribusi penduduk,perubahan jumlah penduduk akibat kelahiran dan kematian, serta migrasi penduduk.
  3. Kemiskinan, Kemiskinan merupakan masalah sosial yang disebabkan oleh ketidakberdayaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok Apabila kemiskinan tidak segera diselesaikan dapat menimbulkan masalah lain seperti putus sekolah, pengangguran, dan kriminalitas.
  4. Kesenjangan Sosial, Kesenjangan sosial jika ditinjau dari teori sistem sosial Talcott Parsons merupakan ketidaksesuaian antara realitas sosial dan fungsi dalam sistem sosial. Kesenjangan sosial dapat muncul akibat keseimbangan sistem sosial terganggu.
  5. Tindak Kriminalitas,Tindak Kriminalitas merupakan perilaku yang melanggar norma hukum. Pelaku tindak kriminalitas biasanya akan mendapat hukuman denda dan pidana. Contoh tindak kriminalitas yaitu pencurian, pembunuhan, korupsi.
  6. Kenakalan Remaja, Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para remaja yaitu perkelahian, tawuran, mengkonsumsi narkoba dan miras.

Upaya Pemecahan Pemecahan Permasalahan Sosial

Permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat diatasi melalui upaya berikut.

Mensosialisasikan Nilai dan Norma Sosial

Permaslahan sosial dapat dicegah sebelum terjadi dengan upaya preventif. Upaya preventif dapat dilakukan dengan mensosialisasikan nilai dan norma sosial secara intensif.

Mempertegas Sanksi Sosial Bagi Para Pelanggar

Permasalahan sosial yang berkaitan dengan pelanggaran peraturan dapat diatasi dengan upaya represif, yaitu dengan menerapkan sanksi sosial secara tegas kepada setiap orang yang melanggar peraturan.

Meningkatkan Pemerataan Pembangunan dan Pendidikan 

Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi tanpa disertai pemerataan pembangunan hanya menciptakan perekonomian yang lemah. Pembangunan penting untuk meningkatkan pendapatan ekonomi per kapita. Pemerataan pendidikan berkaitan dengan sistem yang memberikan kesempatan yang seluas - luasnya kepada seluruh anggota masyarakat untuk memperoleh pendidikan. Upaya pemerataan pendidikan yang telah dilakukan pemerintah antara lain melalui pembangunan sekolah, pengadaan dana BOS, serta kejar paket A, B, dan C.

Menyediakan Modal Usaha

Bantuan modal usaha melalui sistem pemantauan dapat menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran. Melalui bantuan modal usaha diharapkan dapat membuka lapanagan usaha mandiri, bahkan dapat meningkatkan perekonomian rakyat. (Sumber : Detik - Detik Ujian Nasional Sosiologi ).
Demikianlah artikel tentang Pengertian Permasalahan Sosial dan Pemecahan Masalah Sosial, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar anda serta jangan lupa kunjungi terus BLOG BELAJAR.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Permasalahan Sosial dan Pemecahan Masalah Sosial
Ditulis oleh TIPS SEO
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogbelajarilmu.blogspot.com/2017/01/pengertian-permasalahan-sosial-dan-pemecahan-masalah-sosial.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of BLOG BELAJAR.