Pengertian Objek Kajian Sosiologi

Mendeskripsikan Objek Kajian Sosiologi dan Metodenya
Menurut Auguste Comte (Bapak ilmu Sosiologi), Sosiologi adalah studi tentang masyrakat sebagai keseluruhan dan tidak dapat direduksi dalam individu. Hebert Spencer berpendapat bahwa masyarakat merupakan sebuah organisme yang mengalami evolusi (akan berubah dan berkembang seiring waktu). (Baca Juga : Pengertian Permasalahan Sosial dan Pemecahan Masalah Sosial).

Berdasarkan pendapat sosiolog tersebut dapat disimpulkan bahwa objek kajian sosiologi adalah masyarakat (Society). Masyarakat merupakan kelompok manusia yang hidup bersama di wilayah tertentu dan terikat oleh kesamaan aturan. Selain itu, masyarakat akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan (perubahan sosial). (Baca Juga : Fungsi Norma Sosial dan Nilai Sosial).

Kegunaan Ilmu Sosiologi

Sosiologi berusaha menjelaskan fenomena atau fakta - fakta sosial yang terjadi dalam masyarakat melalui berbagai penelitian sosial tersebut, sosiologi sebagai ilmu terapan dapat berguna dalam kehidupan sehari -hari. Adapun kegunaan sosiologi adalah sebagai berikut.

Bahan Penelitian Sosial 

Ilmu sosiologi diperlukan untuk mempelajari berbagai fenomena sosial dalam masyarakat. Dengan demikian, setiap fenomena sosial yang terjadi dapat dijelaskan secara empiris.

Solusi Masalah Sosial 

Masalah Sosial merupakan fenomena masyarakat yang cenderung ada selama manusia menjalankan kehidupan dan menjalin hubungan sosial. Pengamatan pendekatan sosiologi tentang masalah sosial diharapkan dapat memberikan solusi kepada masyrakat.

Bahan Perencanaan Dan Pembangunan Sosial 

Pembangunan sosial selalu ditujukan pada objek kajian sosiologi, yaitu masyarakat karena tujuan program pembangunan adalah kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan secara sosiologis dalam proses pembangunan agar sesuai kebutuhan masyarakat.

Bahan Pembuatan Keputusan 

Pemerintah sebagai lembaga formal negara memiliki legitimasi untuk mengatur tata kehidupan bermasyrakat, pemerintah membutuhkan bantuan sosiologi untuk melakukan penelitian sosial terhadap perilaku serta kebutuhan masyrakat dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh, pembuatan undang - undang disesuaikan kultur budaya masyarakat.

Metode Ilmu Sosiologi

Sebagai sebuah ilmu, teori - teori sosiologi dapat digunakan untuk melakukan penelitian sosial, baik menggunakan metode kuantitatif maupun kualitatif

Metode Kuantitatif

Metode Kuantitatif digunakan untuk meneliti fakta yang dapat diukur dengan angka. Penarikan kesimpulan dalam penelitian kuantitatif menggunakan skala, indeks, tabel dan formula - formula yang berkaitan dengan ilmu Matematika. Salah satu teknik yang digunakan adalah sociometry. Sociometry menggunakan angka untuk mempelajari hubungan - hubungan antar manusia dalam bermasyarakat.

Metode Kualitatif

Metode kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan secara mendalam dengan sumber data berupa kata - kata lisan atau tertulis.

Ciri - Ciri Ilmu sosiologi

Setiap objek ilmu pengetahuan memiliki karakteristik / ciri khas, begitu pula dengan ilmu sosiologi. Adapun karakteristik / ciri - ciri sosiologi sebagai berikut.
  • Empiris, artinya sosiologi merupakan ilmu berdasarkan observasi dan logika, bukan atas dasar wahyu ataupun hasil spekulasi.
  • Teoritis artinya sosiologi berusaha memberikan teori yang menunjukkan pernyataan atau proporsi secara logis untuk menjelaskan hubungan sebab akibat.
  • Kumulatif artinya teori - teori sosiologi disusun sebagai hasil bentukan yang didasarkan pada teori yang sudah ada.
  • Nonetis, artinya sosiologi tidak bertujuan menilai baik atau buruknya sebuah ajaran tentang tata susila. Sosiologi hanya bertugas mengungkapkan atau menerangkan sebuah tindakan sosial sebagai bagian dari fakta sosial.(Sumber : Detik - Detik Ujian Nasional Sosiologi ).
Demikianlah artikel tentang Mendeskripsikan Objek Kajian Sosiologi dan Metodenya semoga bermanfaat dan jangan lupa memberikan komentar anda serta kunjungi terus BLOG BELAJAR.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mendeskripsikan Objek Kajian Sosiologi dan Metodenya
Ditulis oleh tutorial cara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogbelajarilmu.blogspot.com/2017/01/mendeskripsikan-objek-kajian-sosiologi-dan-metodenya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of BLOG BELAJAR.