Kumpulan Contoh Naskah Pidato Singkat Terbaru 

Kumpulan Contoh Naskah Pidato Singkat Terbaru
Kumpulan Contoh Pidato Singkat- Pidato adalah penyajian lisan kepada sekelompok massa, atau seseorang yang berbicara secara langsung di atas podium atau mimbar dan isi pembicaraannya diarahkan pada orang banyak, sedangkan orang yang mempunyai reputasi kepandaian berpidato disebut orator. (Baca Juga : Pengertian Majas dan Macam - Macam Majas serta Contohnya Terlengkap).


Tidak bisa dipungkiri bahwa pidato merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah acara, baik formal maupun non-formal. Kenapa penting ? karena pidato selalu digunakan sebagai pembukaan atau sambutan dalam sebuah acara. Sehingga kata demi kata akan didengarkan dengan seksama oleh pendengar.

Pidato sendiri banyak sekali jenisnya, itu tergantung konteks acara atau kegiatannya. Sebagai contoh Presiden memberikan pidato di depan MPR / DPR, pidato itu bisa disebut pidato kenegaraan. Dan masih banyak lagi contoh lainnya, yang beberapa diantaranya akan saya bagikan di artikel ini.

Kumpulan Contoh Pidato Singkat

Pidato yang akan saya bagikan ini memiliki beberapa tema, mulai dari pendidikan, perpisahan, sambutan dan pidato anti narkoba. Dan berikut ini adalah Kumpulan Contoh Pidato Singkat Terbaru.

Pidato Pendidikan

Assalmualaikum.Wr.Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah ( isi sendiri )
Yang terhormat Bapak / Ibu guru beserta staf pengajar
Serta teman - temanku yang berbahagia

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang mana dengan limpahan rahmat dan hidayah- Nya lah kita bisa berkumpul di sekolah kita tercinta ini. Tak lupa sholawat serta salam, kita sanjung agungkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW, yang membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang ini.

Hadirin yang berbahagia, Perlu kita ketahui bahwa sebagian waktu hidup kita di habiskan hanya untuk menempuh pendidikan. Mulai dari pendidikan usia dini hingga tingkat perguruan tinggi, semuanya merupakan proses pendidikan. Pendidikan bukan hanya terkait dengan bidang keilmuan saja, tetapi juga terkait dengan masalah moral. Bayangkan orang yang pintar, namun memiliki moral yang buruk, bisa jadi menjadi bumerang bagi dirinya sendiri ataupun bagi orang lain.Untuk itu pendidikan moral harus ditanamkan sejak dini, agar ilmu yang didapatkan bermanfaat buat diri sendiri dan buat orang lain.

Yang harus dipertanyakan yaitu sudah seberapa banyak ilmu yang kita dapat dari pendidikan formal maupun non formal selama ini. Banyak sekali orang yang memiliki gelar sarjana, namun ia sendiri tidak menguasai bidang keilmuannya. Seharusnya ini menjadi sorotan penting, karena bagaimana pun ini terkait dengan masa depan bangsa kita. Bayangkan jika ini terus terjadi, maka negara ini akan kekurangan tenaga ahli di berbagai bidang. Oleh karena itu mulailah dari diri kita sendiri, yaitu dengan belajar sunguh - sungguh , dan jangan lupa perbaiki ahlaq kita, agar ilmu yang didapatkan memberi manfaat minimal untuk diri sendiri dan imbasnya kepada orang lain.

Para hadirin yang berbahagia, Ingatlah bahwa masa depan bangsa ini, berada di tangan para pemuda.  Untuk itu mulailah tanamkan kepada diri kita semangat belajar yang tinggi dan jagalah ahlaq kita, agar ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan dengan baik dan benar. Dan dengan itu pula kita juga ikut andil dalam pembangunan negara ini sehingga kesejahteraan akan dapat diraih dengan mudah.

Demikianlah pidato singkat ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan apabila ada kesalahan itu datangnya dari saya dan kepada Allah saya mohon ampun.

Saya akhiri Wassalmualaikum.Wr.Wb.

Pidato Perpisahan


Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah ( nama sekolah )
Yang terhormat Bapak / Ibu dewan guru beserta staf pengajar
Serta teman - teman yang saya cintai

Di pagi yang cerah ini marilah kita ucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang mana telah memberi kesempatan kepada kita untuk bisa berkumpul di acara perpisahan kelas XII tahun ajaran 2016 / 2017.

Saya selaku perwakilan seluruh kelas XII, sangat-sangat berterimakasih kepada seluruh dewan guru yang selama ini membimbing kami dalam proses pembelajaran di sekolah ini. Bagi kami guru bukan hanya sekedar pembimbing, namun juga sebagai orang tua kedua bagi kami. Tak terasa memang tiga tahun telah kami lalui di sekolah ini. Banyak sekali suka duka serta pengalaman berharga yang kami peroleh, tentu itu semua berkat bimbingan ibu / bapak guru sekalian.

Kami sadar, kami sebagai murid, mungkin sering mengecewakan gurunya, tapi percayalah bahwa kami akan selalu mengingat nasihat dari ibu / bapak guru. Karena kami yakin, nasihat yang diberikan adalah untuk kebaikan dan untuk masa depan kami semua. Semuanya merupakan proses pembelajaran yang sangat berharga, bagi kami ilmu dari seorang guru adalah sebagai penuntun kami dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Dan semoga allah memberi ganjaran pahala atas ilmu yang bermanfaat yang diberikan oleh bapak / ibu guru sekalian.

Dan juga untuk teman - teman semua, tak terasa kebersamaan ini telah terjalin selama tiga tahun, Dan bagi saya tiga tahun merupakan waktu yang singkat untuk sebuah kebersamaan yang indah. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, namun ini bukan akhir dari kebersamaan kita semua, semoga setelah ini kita semua masih bisa diberi kesempatan bertemu di lain waktu dan semoga semuanya bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Demikianlah pidato singkat ini, sekali lagi, saya selaku perwakilan kelas XII mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada ibu / bapak guru. Dan untuk teman - teman yang saya cintai tetap semangat dalam menggapai cita - cita kalian dan semoga Allah memberi kelancaran bagi kita semua.

Saya akhiri Wassalmualaikum Wr. Wb.

Pidato Sambutan

Assalamualaikum Wr.Wb.

Para hadirin yang kami hormati
Dan Bapak - bapak / Ibu - ibu yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberi nikmat iman, nikmat islam dan nikmat sehat sehingga kita bisa berkumpul di acara halal bin halal ini dalam rangka menyambut idul fitri. Tak lupa Sholawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, pengikutnya dan kepada kita sekalian.

Para hadirin yang berbahagia.
Saya selaku perwakilan dari panitia halal bin halal, mengucapkan banyak terima kasih kepada para hadirin sekalian. Yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara halal bin halal ini. Serta dengan penuh keikhlasan untuk menghadiri undangan yang telah disebar oleh panitia.

Sudah sepatutnya kita sesama umat muslim saling menjaga hubungan kita satu sama lain, salah satunya yaitu dengan bersilaturahmi. Dengan hubungan silaturahmi maka hubungan kita kepada orang lain akan terjalin dengan baik. Namun sering sekali kita berbuat kesalahan kepada orang lain baik disadari maupun tidak disadari. Sedangkan kita masih malu untuk meminta maaf atau memaafkan. Oleh karena itu acara halal bin halal ini bisa di jadikan momentum untuk saling bermaafan dan menjaga silaturahmi kita sekalian.

Di acara ini juga akan ada penampilan dari ibu - ibu PKK yang akan membawakan qasidah serta ada siraman rohani dengan tema "mengambil hikmah silaturahmi" yang akan disampaikan oleh para ustad dan sekali lagi saya selaku perwakilan panitia mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah menghadiri acara halal bin halal ini.

Demikianlah sambutan ini saya sampaikan , apabila ada kesalahan itu datangnya dari saya dan kepada Allah saya mohon ampun dan semoga acara ini diberi kelancaran hingga acara selesai, saya akhiri.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Pidato Anti Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah
Yang terhormat para dewan guru beserta staf pengajar
Serta teman - teman yang berbahagia

Marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan kesehatan kepada kita sehingga bisa berkumpul di acara ini. Pada kesempatan kali ini, saya selaku perwakilan siswa akan membawakan pidato singkat  yang berjudul "Bahaya Penyalahan Narkoba Di Kalangan Pelajar ". 

Narkoba sudah tidak asing lagi di telinga kita, banyak pemberitaan media mengenai penyalahgunaan narkoba. Namun apa sebenarnya narkoba itu ? Narkoba sebenarnya singkatan dari Narkotika dan obat / bahan berbahaya. Selain narkoba, istilah lain digunakan oleh kementerian kesehatan republik indonesia adalah Napza, yaitu singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Ada beberapa efek berbahaya mengunakan narkoba yaitu antara lain : yang pertama yaitu Halusinogen, adalah efek dari narkoba dapat mengakibatkan seseorang berhalusinasi dengan hal atau benda yang sebenarnya tidak ada / tidak nyata, yang kedua yaitu Stimulan yakni efek narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak bekerja lebih cepat dari biasanya sehingga penggunanya lebih bertenaga dan cenderung membuatnya lebih senang dan berbahagia hanya untuk sementara waktu. Yang ketiga yaitu Depresan yaitu efek narkoba yang bisa menekan saraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Sehingga penggunanya merasa tenang bahkan tidur dan tidak sadarkan diri. Selanjutnya yaitu : Adiktif yaitu efek dari narkoba menimbulkan kecanduan, seseorang yang mengkonsumsi  narkoba biasanya akan ingin lagi dan lagi karena zat tertentu dari narkoba yang mengakibatkan seseorang cenderung pasif. Karena narkoba secara tidak langsung memutuskan saraf - saraf otak. Terakhir yaitu jika sudah terlalu lama ketergantungan dengan narkoba maka lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan jika melebihi takaran maka penggunanya akan overdosis dan akhirnya mengakibatkan kematian.

Itulah efek - efek penggunaan narkoba yang sangat berbahaya buat tubuh bahkan keselamatan jiwa kita. Sudah saatnya kita sebagai pelajar menghindari dan menolak narkoba, karena narkoba bisa merenggut masa depan kita. Sebagai pelajar marilah kita katakan " Tidak Pada Narkoba ", sebaliknya kita harusnya fokus menggapai cita - cita agar masa depan kita menjadi cerah.

Demikianlah pidato singkat ini saya sampaikan apabila ada kesalahan saya mohon maaf saya akhiri
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Teknik Berpidato

Pidato dapat disampaikan dalam dua cara, yakni berpidato tanpa teks dan pidato dengan membaca teks. Pidato tanpa teks disebut juga pidato ekstemporan. Pidato ini dilakukan dengan cara menulis pokok-pokok pikirannya. Kemudian ia menyampaikan dengan kata - katanya sendiri. Ia menggunakan catatan itu untuk mengingatkannya tentang urutan ide - ide penting yang hendak disampaikan. Metode ekstemporan dianggap paling baik karena itu pidato inilah yang sering digunakan pembicara. ( Baca Juga : Pengertian Paragraf Ciri - Ciri dan Jenis - Jenis Paragraf ).

Pidato dengan membacakan teks disebut juga pidato naskah. Dalam hal ini juru pidato membacakan yang telah dipersiapkannya terlebih dahulu. Pidato dengan membacakan teks akan terkesan kaku apabila tidak pandai - pandai dalam menyampaikannya. Apa lagi kegiatan tersebut tanpa disertai dengan ekspresi, intonasi suara, dan kesiapan mental yang memadai, pidato yang kita sampaikan betul - betul tidak akan menarik.

Berikut ini adalah teknik yang perlu diperhatikan ketika membacakan teks pidato.
  • Mulailah setenang - tenangnya.
  • Pikirkanlah sesuatu yang positif untuk menghilangkan rasa takut atau gugup.
  • Berusahalah menarik perhatian pendengar dengan menciptakan kontak dengan mereka.
  • Bahan - bahan pidato disampaikan dengan jelas dan tegas sesuai dengan yang telah dituliskan pada naskah.
  • Menggunakan intonasi dan eksentuasi yang tepat.
  • menggunakan ekspresi dan mimik dengan wajar.
  • Hindari sikap - sikap yang menggurui.
  • Selalu memperhatikan sikap dan reaksi pendengar. 
  • Tutuplah pidato dengan kesan yang baik. Ucapkan terima kasih dengan pihak - pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan.  

Langkah - langkah Berpidato

Sebelum menyampaikan pidato, sebaiknya pembicara menggunakan langkah - langkah berikut ini.
  1. Merumuskan ide - ide pokok yang akan dipidatokan.
  2. Mengumpulkan bahan : koran atau buku yang menyajikan masalah yang berhubungan dengan materi yang akan dipidatokan, teknik-teknik, dan gaya berpidato,contoh naskah pidato, istilah - istilah populer,cerita, atau humor - humor yang relevan.
  3. Melakukan pemilihan materi : pilihlah materi yang terbaik, pisahkan materi yang pokok dengan materi penunjang, materi yang terlalu banyak akan menghasilkan pidato yang baik.
  4. Memahami dan menghayati materi : mengkaji materi secara kritis, meninjau kelayakan materi dengan khalayak (audien), meninjau materi yang kemungkinan menimbulkan pro dan kontra, menyusun sistematika materi, menguasai materi pidato berdasarkan jalan pikiran yang logis.
  5. Latihan berpidato : menguasai secara utuh materi yang telah dipersiapkan dan penghayatan terhadap suasana serta audien yang akan dihadapi.
Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Kumpulan Contoh Naskah Pidato Singkat Terbaru semoga bisa dijadikan referensi pidato anda dan jangan lupa berikan komentar terbaik anda serta kunjungi terus BLOG BELAJAR.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kumpulan Contoh Naskah Pidato Singkat Terbaru
Ditulis oleh tutorial cara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogbelajarilmu.blogspot.com/2016/06/kumpulan-contoh-naskah-pidato-singkat-terbaru.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of BLOG BELAJAR.